Saat ini banyak negara berkembang yang mulai menggunakan mata uang dollar AS untuk dapat melakukann transaksi perdagangan di negaranya. Ini dikarenakan mata uang negara tersebut mengalami perlemahan dan mulai memilih mata uang dollar AS sebagai penggantinya. Ini disebut sebagai dollarisasi dan biasanya terjadi di negara negara berkembang yang kondisi perekonomiannya sedang tidak stabil dan biasanya memiliki tingkat inflasi yag sangat tinggi.

Dengan menerima dollar AS sebagai mata uang pembayaran yang sah mereka melindungi mata uang mereka sendiri dari bahaya inflasi yang sangat merugikan, dengan begini negara negara non AS yang menggunakan mata uang dollar AS ini sangat berperan dalam subtitusi mata uang dollar.

Di negara yang memberlakukan dollarisasi, dollar dapat  berfungsi sebagai mata uang dan alat pembayaran yang sah yang dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa. Dollarisasi penuh akan terjadi saat negara tersebut sudah benar benar tidak mengeluarkan mata uang lagi dan benar benar memberlakukan dollar sebagai satu satunya mata uang dan alat pembayaran yang sah.

Namun kerugian yang harus diperhatikan adalah, saat terjadi konversi dan perekonomian terus menurun maka negara tersebut dapat menimbulka hutang yang cukup signifikan di bank sentral asing.

EKUADOR

Pada tahun 1999 Ekuador mengalami kejatuhan perekonomian akibat harga minyak yang menurun. Sucre Ekuador kala itu terjun bebas hingga 82%, dan pada tahun 2000 presiden bank sentral mengundurkan diri dan dampaknya Presiden Jamil Mahuad mengumumkan kondisi darurat dan mengganti Sucre Ekuador dengan dollar AS.

Tahun 2015, lebih dari 85% rakyat ekuador setuju dengan dollarisasi, namun kekuatan dollar AS, ekspor negara dan persaingan komoditas mentah membuat perekonomian Ekuador tertekan.

PANAMA

Mata uang Panama adalah Balboa Panama, namun sejak 1903 atau tepat nya sejak merdeka dari Kolombia, mata uang dollar menjadi mata uang yang alami di Panama, ini dikarenakan AS membangun Panama Canal (Terusan Panama) sepanjang 50 mil yag selesai pada 1914 setelah sebelumnya perancis gagal membangunnya pada tahu 1880a.

Semenjak itulah dollar AS diterima secara alami di Panama dengan kurs sebesar 1-1. Dua mata uang ini kemudian memudahkan masyarakat AS yang datang ke tempat ini tidak perlu pusing dengan konversi mata uang.

VIETNAM

Dong, mata uang ditetapkan sebagai mata uang resmi Vietnam yag ditetapkan pada tahun 1978 atau sekitar tiga tahun setelah Saigon jatuh ke Vietnam Utara dan berubah menjadi Ho Chi Minh. Sejak saat itu peredaran dollar AS semakin meluas, hingga State Bank of Vietnam kewalahan untuk menghentikannya. Walaupu diberlakukan denda bagi para pedagang yang memberlakukan harga dalam dollar, membuat daftar harga dalam bentuk dollar tetap saja tidak bisa menghentikan peredaran dollar di Vietnam.

BELIZE

Nilai pertukaran Dollar AS – Dollar Belize ada pada tingkat 2-1, jadi wisatawan yang datang dengan membawa dollar AS tidak perlu lagi mengkonversikan uangnya dalam bentuk dollar belize, Karena kebanyakan pedagang disana menerima dollar AS sebagai alat pembayaran yang sah.

Namun wisatawan yang datang hanya dapat membawa maksimal 5,000 USD yang dinyatakan di pabean. Oleh karea itu pemerintah menyaraknkan untuk wisatawan yag datang memahami benar benar mengenai nilai tukar ini.

ZIMBABWE

Inflasi yang parah di Zimbabwe membuat negara ini memberlakukan dollar AS sebagai mata uang resmi mereka, selain itu Zimbabwe juga menggunakann rand Afrika Selatan, yuan Cina dan euro dalam sistem multi-mata uangnya.

Zimbabwe yang termasuk dalam negara afrika ini mulai memberlakukan sistem ini sejak ekonomi mereka mulai guyah dan hiperinflasi yang sangat ekstrim terjadi di negara ini sejak tahu 2009, dimana harga barang dan jasa berubah dari menit ke menit.

Penguatan dollar terhadap rand pada tahun 2015 membuat turunnya sektor pariwisata dimana proyeksi 3 juta pengunjung yang datang terbukti dibesarkan lebih dari sepertiga jumlah aslinya.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*