Satu pelajaran yang umumnya diberi oleh trader profesional yaitu, bahwa kondisi psikis trader itu sama pentingnya dengan strategi yang dipakai. Sebabnya, butuh keberanian ekstra untuk memakai strategi yang dibuat, apalagi kalau melihat situasi market yang terus berubah tiap detik.

Tiap trading yang Anda jalankan pasti berbeda dengan trading terakhir. Jadi akan mudah untuk bertanya, apa strategi yang sudah dipakai masih layak digunakan lagi untuk trading berikutnya? Tapi, ketidak mampuan Anda berpegang pada strategi akan membuat beberapa masalah.

Kemungkinan masalah yang Anda hadapi yaitu masuk trading terlalu cepat, telat keluar trading, memberi risiko terlalu banyak atau tak berani ambil risiko, melewati trading, atau trading terlalu banyak. Ada begitu banyak cara merusak trading, dan umumnya berasal dari kesalahan psikologi.

#1. Kurang percaya diri
Sumber: officeninjas.com

#1. Kurang percaya diri

Saat Anda yakin bisa melakukan apapun, maka lakukan. Strategi trading yang Anda buat seharusnya seperti ini. Selalu latih strategi yang Anda percaya hingga menempel di kepala sampai jadi otomatis. Tanamkan kalau mengikuti strategi maka akan berhasil, dan jangan lakukan apapun di luar strategi karena tak sepadan dengan risiko.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan percaya diri dalam mengeksekusi strategi? Hanya ada satu cara untuk ini, yaitu lewat berlatih keras hingga tak ada keraguan sama sekali dalam otak bahwa ini akan berhasil. Latihan bisa berlangsung beberapa bulan, tapi ini waktu yang cukup untuk mereduksi kesalahan psikis yang mungkin bisa timbul.

#2. Tak menyiapkan rencana
Sumber: gummybearseo.com

#2. Tak menyiapkan rencana

Selain sebagai trader, Anda pasti punya urusan pribadi yang tak bisa ditinggalkan. Tapi seharusnya ini bukan alasan untuk tak menyiapkan rencana apapun saat mau trading. Persiapan yang dimaksud bisa dimulai hal sederhana, seperti menunggu data ekonomi rilis, atau memantau perkembangan mata uang yang diincar.

Persiapan akan memastikan semua kebutuhan trading sudah benar, termasuk mengatur platform yang akan Anda pakai. Bahwa Anda sudah fokus dan tak perlu ke kamar mandi atau mengerjakan hal lain di luar trading. Dengan begitu, Anda tak akan melewatkan potensi besar dari trading yang Anda lakukan.

Sebisa mungkin, buat rencana trading yang sama tiap hari. Ini akan membantu Anda menghindari kesalahan seperti menahan posisi trading saat ada berita besar keluar. Pasti akan mudah untuk melupakan semua ini dan langsung ambil posisi trading, tapi ini adalah kesalahan psikologi terbesar.

#3. Trading saat bingung atau sakit
Sumber: videoblocks.com

#3. Trading saat bingung atau sakit

Butuh kekuatan mental luar biasa untuk bisa menerapkan strategi trading sesuai yang Anda rencanakan. Saat sakit atau sedang mengalami kendala apa saja, fokus yang diperlukan untuk trading jadi terbelah. Entah karena masalah keluarga, hubungan dengan orang terdekat, masalah kesehatan, juga keuangan.

Semua masalah tersebut bisa membuat Anda makin rentan membuat kesalahan saat ada di dalam market. Anda bisa salah mengambil posisi masuk, position sizing yang tak tepat, melewatkan peluang trading, atau bersikap lebih emosi dan melupakan apa yang sudah direncanakan.

Jika Anda ingin trading, lakukan saat sehat dan terfokus. Anda harus punya energi mental yang besar untuk tetap terfokus pada rencana. Kalau tidak, jangan lakukan. Semisal Anda trading lalu merasa jatuh, baiknya hentikan trading. Market forex tak akan pergi ke mana pun, dan tetap ada esok hari.

#4. Terbawa suasana
Sumber: btn.academy

#4. Terbawa suasana

Tak masalah bagaimana hasil dari trading terakhir yang Anda lakukan, baiknya jangan terbawa suasana. Mungkin Anda menang besar ditrading yang barusan, tapi sebaiknya euforia kemenangan disudahi dan tak dibawa-bawa ke trading selanjutnya. Begitu juga saat Anda menderita kalah besar.

Masalahnya, Anda sering melakukan ini karena berasumsi kalau hasil trading terakhir akan memberi pengaruh ke trading yang sedang Anda ikuti. Saat Anda baru saja menang 60% dari trading terakhir, Anda pasti berasumsi akan mendapat hasil sama saat memulai trading baru lagi.

Seharusnya, jangan biarkan hasil trading terakhir memengaruhi rasa takut atau senang Anda. Trading adalah sesuatu yang independen, dan tiap trading butuh pendekatan yang berbeda. Kekalahan terakhir harusnya tak membuat Anda takut, dan kemenangan terakhir harusnya tak membuat Anda sombong.

#5. Trading di luar strategi
Sumber: areputation.co.uk

#5. Trading di luar strategi

Tiap strategi pasti punya batasan. Contoh, satu strategi hanya cocok untuk menentukan position sizing, memberi sinyal masuk, atau hanya bisa diterapkan di situasi market tertentu. Sederhananya, trading lebih dari batasan strategi sama saja dengan tak menggunakan strategi.

Menjadi serakah atau menggunakan strategi lebih dari yang bisa diakomodasi akan memberi efek negatif pada profit yang Anda dapat secara keseluruhan. Misalnya, trading di luar waktu yang ideal, mencoba mendapat trading ‘ekstra’, atau memakai strategi di market yang berbeda.

Semisal Anda sudah punya sistem yang sangat menguntungkan, gunakan sistem ini sesuai fungsinya. Seiring waktu, modal Anda akan terus tumbuh sehingga mampu menghasilkan profit luar biasa. Jika Anda belum menemukan satu sistem yang paling pas, Anda bisa mulai baca poin satu lagi.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*