Semua trader pasti paham betapa trading sangat menguras tenaga, apalagi jika situasi berkembang di luar perkiraan. Pasti ada satu trader yang bermimpi punya partner yang bisa diandalkan, mampu berpikir logis, tak mudah emosi, berorientasi profit, dan dapat mengeksekusi strategi secara cepat.

Jawaban dari semua kebutuhan tersebut hanya satu, yaitu software trading otomatis. Tugas utamanya yaitu berfungsi menggantikan peran trader dengan membaca market demi mencari peluang terbaik untuk trading profit menggunakan parameter yang sudah ditentukan.

Trader juga bisa mengatur parameter dalam software secara manual dengan berbagai variabel. Untuk pengertian mudahnya, trader hanya perlu menyalakan komputer, mengaktifkan software, lalu lakukan aktivitas seperti biasanya dan biarkan program yang bekerja.

#1. Cara Kerja Software Trading Otomatis

Semua jenis trader diperbolehkan memakai sistem trading otomatis saat membuat keputusan. Yang musti diingat, software otomatis hadir dalam beragam variasi harga dengan tingkat kecanggihan masing-masing untuk memenuhi kebutuhan trading yang berbeda.

Untungnya, kebanyakan software trading menyediakan demo sehingga trader bisa menguji dan memilih program yang sesuai kebutuhan. Satu aspek positif dari software otomatis yaitu insentif yang didapat trader jika membeli paket penawaran tertentu, misalnya berupa alat untuk analisa trading.

Meski demikian, software otomatis bukan alat sempurna dan tak ada jaminan 100% trader selalu dapat profit tiap kali trading. Software trading hanya suatu program di komputer yang menganalisa chart harga dan situasi market terbaru kemudian memberi tahu sinyal masuk dan keluar.

Software juga mampu menghitung spread, tren pergerakan harga, dan rilis berita yang dapat berimbas ke market sehingga bisa memberi potensi trading terbaik. Trader bisa mengatur kriteria dan pecahan mata uang saat akan menentukan parameter, dan selanjutnya biarkan program yang mengambil alih.

#2. Keunggulan Software Trading Otomatis

Satu keunggulan pasti dari software trading otomatis yaitu menjauhkan emosi dan pengaruh psikis saat mengidentifikasi trading. Software ini mampu membuat keputusan trading yang konsisten dan tak melibatkan emosi, juga bisa mengeksekusi parameter yang sudah dibuat sebelumnya.

Pemula dan professional kadang membuat keputusan trading berdasarkan kondisi psikis yang justru mengesampingkan logika. Lebih jauh lagi, untuk spekulator yang tak mau trading berdasarkan suku bunga tapi lebih cenderung ke spread mata uang, software otomatis mampu bekerja lebih efektif.

Sebabnya, software mampu membaca ketidak-sesuaian harga yang tak mampu dilihat dari analisa manusia, dan informasi ini akan terbaca oleh sistem. Situasi dalam market kadang memicu order jual beli muncul, dan software trading otomatis akan memberi peringatan untuk ini.

Trader juga dapat mengelola beberapa akun sekaligus dengan software otomatis ini di waktu yang bersamaan. Software trading membantu menghemat waktu sembari trader belajar memahami market, menganalisa beragam chart, atau memantau rilis berita yang berhubungan dengan market.

#3. Menguji Software Trading Otomatis

Kebanyakan pembuat software trading menyediakan petunjuk untuk menjalankan program dalam market, misalnya untuk menjual atau membeli mata uang. Jika pun ada bukti berupa gambar dari transaksi jual beli, waktu profit, dan cara eksekusi, selalu pastikan untuk memeriksa kebenarannya lebih dulu sebelum mengambil langkah lain.

Saat menguji coba software trading otomatis baru, jangan sungkan membaca tutorialnya lalu mencoba berbagai fungsi untuk melihat apakah software mampu bekerja seperti yang tertera dalam penawaran. Trader juga perlu memastikan ke bagian layanan konsumen untuk mendapat jawaban dari pertanyaan kompleks seputar programming, seperti kriteria jual beli.

Beberapa pertanyaan trader bisa saja tak terjawab oleh informasi yang disampaikan lewat laman resmi. Untungnya, mayoritas pembuat software menyediakan uji coba gratis sehingga trader bisa mengukur apakah program ini sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Yang harus diuji juga, lihat apakah program bisa diinstal dengan mudah untuk berbagai jenis komputer dengan berbagai sistem operasi. Pastikan bahwa tak ada kesulitan apapun untuk memahami dan memakai software sehingga trader dapat merubah pengaturan apapun tanpa takut mengalami error.

#4. Ulasan dan Harga

Mayoritas software trading yang populer mentransaksikan mata uang unggulan yang punya volume tinggi dan likuiditas paling banyak. Ini termasuk USD/EUR, USD/CHF, USD/GBP, dan USD/JPY. Metode trading yang digunakan bisa beragam, dari yang konservatif hingga yang berisiko tinggi.

Trader dapat menentukan sendiri pendekatan seperti apa yang akan dipakai, dan strategi bisa disesuaikan untuk tiap pendekatan. Trader setidaknya harus melihat ulasan trader lain sebelum memutuskan membeli software trading otomatis, baru kemudian mencobanya.

Ulasan seperti ini mengandung informasi faktual karena datang dari trader lain secara langsung. Harga tentu jadi pertimbangan lain berkaitan dengan software ini, jadi pastikan untuk mendapat harga bagus dengan kualitas software yang bisa diandalkan. Jangan mengorbankan kualitas demi harga murah.

Harga untuk satu paket alat trading bisa bervariasi dari jutaan hingga puluhan juta. Juga, jangan sampai lupa aspek dukungan teknis dan servis karena dua hal ini sangat krusial untuk trader dengan berbagai tingkat pengalaman, terlebih untuk trader pemula yang baru terjun ke dunia trading.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini