Dalam teori Elliott Wave, flat adalah pola yang terdiri dari tiga gelombang berlabel A-B-C. Ini adalah pola koreksi yang berlawanan. Pola ini cenderung menjadi retracement dangkal dari tren sebelumnya dan mungkin juga merupakan ‘bendera’ dari pola bendera biasa. Di lain waktu, mungkin terlihat seperti rentang sederhana yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyamping daripada menghasilkan sebuah perubahan harga yang nyata.

Dalam sebuah impuls, flat biasanya ditemukan pada posisi gelombang ke-4 yang kemudian membentuk gelombang ‘A’ atau ‘B’ dari pola korektif lain, namun Anda tidak akan menemukannya dalam gelombang koreksi ‘C’.

Pada dasarnya ada 3 jenis koreksi datar. Flat biasa, flat yang diperluas, dan flat yang rata. Nama pola yang Anda identifikasi tidak sepenting apa arti pola itu. Di masing-masing flat di atas, implikasinya adalah konsolidasi samping yang akhirnya akan tuntas sebagai penanda lengkap dari pola dan kelanjutan tren sebelum memasuki pola datar.

Di flat yang diperluas, gelombang ‘B’ pecah melampaui asal gelombang ‘A’ dan gelombang ‘C’ pecah melampaui asal mula gelombang ‘B’. Di flat yang sedang berjalan, gelombang ‘C’ tidak berjalan kembali ke asal mula gelombang ‘B’.

Saat berusaha mengidentifikasi flat Elliott Wave, ada beberapa karakteristik yang kita cari.

Gelombang sub dari flat A-B-C (terlepas dari 3 jenis di atas) dibagi lagi menjadi 3-3-5

Di flat, cari gelombang kedua, atau “B” gelombang yang retrace 78-138% dari gelombang “A”

Tiga gelombang datar (ABC) dibagi menjadi 3-3-5 yang berarti kaki ‘A’ memiliki 3 sub gelombang di dalamnya, kaki ‘B’ memiliki 3 sub gelombang di dalamnya, dan kaki ‘C’ memiliki 5 sub gelombang di dalamnya. Karena kaki ‘A’ dan ‘B’ keduanya mengandung tiga sub gelombang masing-masing, ini menggambarkan perjuangan instrumen untuk menciptakan tren baru melawan tren sebelumnya. Oleh karena itu, harga akhirnya meluncur di samping menyamping lebih banyak waktu daripada harga. Satu hal yang perlu diingat saat mengidentifikasi pola korektif, kaki ‘C’ akan selalu memiliki lima gelombang sub di dalamnya (segitiga adalah satu-satunya pengecualian karena hanya berisi tiga gelombang sub). Oleh karena itu, jika Anda melihat pergerakan 5 gelombang, didahului oleh beberapa gerakan gelombang 3, mundur ke belakang dan lihat apakah pola datar sedang dimainkan.

Karakteristik lain yang kita cari dalam mengidentifikasi flat adalah gelombang sekunder atau “B” yang memperlambat sebagian atau seluruh gelombang sebelumnya, namun dengan gaya gelombang 3 yang jelas. Caranya di sini adalah untuk menemukan gerakan yang merupakan gerakan gelombang 3 yang jelas. Seperti yang telah kita pelajari di bagian impuls kita, ketika gelombang yang diusulkan 4 tumpang tindih dengan wilayah harga gelombang yang diusulkan 1, tumpang tindih itu menghilangkan pola impuls dan menguatkan gerakan gelombang 3. Oleh karena itu, ketika gelombang yang diusulkan 3 berakhir mendekati awal atau tepat di luar awal gelombang tren sebelumnya, pantau akhir gelombang 1 untuk tumpang tindih.

Gelombang “B” biasanya tidak bertahan lebih lama dari 138% panjang “A”. Oleh karena itu, adalah praktik yang baik untuk mengidentifikasi level 1.382 “A” pada grafik Anda sebagai zona keluar palsu jika terjadi koreksi datar yang diperluas atau terus berlanjut.

Dimana Flats Muncul di Wave Sequence

Rumah susun muncul dimana 3 gerakan korektif gelombang dapat muncul sendiri (dengan satu pengecualian). Misalnya, Anda akan menemukan flat pada posisi gelombang ke 2 atau ke 4 dari impuls, dalam gelombang “B” zigzag, pada gelombang W, Y, Z, atau X dari koreksi kompleks, atau pada “A” gelombang flat lain Namun, satu struktur korektif Anda tidak akan menemukan flat adalah segitiga. Segitiga dibangun dari zigzag atau segitiga lainnya.

Akibatnya, mengidentifikasinya secara real time bisa jadi sulit. Tarik ke tingkat tren yang lebih tinggi berikutnya untuk melihat struktur yang lebih besar dan menggunakan pengukuran gelombang untuk mengantisipasi titik penghentian pola. Karena pada dasarnya mereka membentuk kisaran, teknik trading range dan tingkat risiko dianjurkan untuk memperdagangkannya.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*